Kamis, 14 April 2011

Tausyiah

hmm. benernya ini cuma tulisan pemicu. siapa tahu jadi pada keinget dan mau menulis tema serupa :p

tentang tausiyah.
di IC, ada satu proker garapan divisi Iman dan Taqwa OSIS yang nyaris rutin ada setiap harinya. tepatnya kala dzuhur. beres sholat jamaah, sebelum pada berbondong-bondong hijrah ke kantin. hehehe. ya! itu tausiyah. masing-masing kami digilir untuk membawakan tausiyah singkat di atas mimbar dengan jadwal yang telah diatur sedemikian rupa. proker ini diniatkan sebagai ajang untuk berbagi siraman rohani. yeah, meski tak jarang ternyata tausiyah yang super singkat lebih dinanti karena itu berarti teman-teman bisa capcus rebutan ke kantin untuk antri. :)

maklum dengan hal itu, pada suatu kesempatan saya pun memilih untuk membawakan tausiyah yang cukup singkat. tak lebih dari dua puluh lima kata (minus embel-embel muqodimah lho, ya). idenya saya dapat dari pesan kakak di buku tahunannya angkatan 2003 dulu. kurang lebih begini bunyinya: "jadilah seperti kalkulator. ia, selalu berusaha memberikan jawaban yang terbaik, dan ketika ia tidak mampu, ia akan meminta maaf dengan memunculkan kata error pada layarnya."

saya ingat, waktu itu beberapa orang berkomentar senang karena tausiyah saya singkat saja. ada yang mengapresiasi juga karena isinya tidak biasa. tapi tak disangka-sangka ternyata ada juga yang kecewa. dipikir saya akan membawakan tausiyah yang lebih panjang, setidaknya. hahaha.. apapun komentarnya, yang jelas untuk beberapa waktu seolah ada cap kalkulator di jidat saya. berpapasan dengan saya akan mengingatkan mereka dengan kalkulator tausiyah saya.

cerita tausiyah yang lain cukup variatif. ada yang benar-benar menggugah, ada yang terlalu panjang-panjang sampai bikin orang ga sabaran. ada juga yang unik. waktu itu kawanan arya, dimas, ogi, dan putra sempat membuat tausiyah bersambung. mereka sengaja dijadwalkan memberi tausiyah berdekatan dan alhasil tausiyah bersambungnya cukup sukses menarik minat audiens.

yah stagnan deh. hahaha ada yang bisa membuat bahasan ini jadi lebih menarik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar