Rabu, 20 Juli 2011

Degam, Idola Wanita Civeramoz


Taman Mini Indonesia Indah

Cerita ini diawali dengan sebuah undangan lomba Tari Saman yang diadain sama perkumpulan orang Nanggroe Aceh Darussalam yang kantor pusatnya di rumah adat Aceh (disebut ‘Anjungan’) yang di TMII. Kata Kak Degam (si pelatih Saman yang gaul abis itu) itu termasuk kompetisi Tari Saman yang paling bergengsi di Jakarta, selain Bulcup dan Alseace, dan kemudian Sonlis tentunyaa (ngarep). Anak-anak saman langsung pada semangat ikutan lomba tersebut, semua-muanya diurusin mulai dari form pendaftaran, foto, sampai izin ke Pak Ipik yang saat itu menjabat Wakamad Kesiswaan. Untungnya waktu itu akhir semester  (semester ganjil, kelas 2) yang tinggal nunggu pembagian rapor, jadinya izin keluar buat ngurus ini itu jadi lebih gampang. Lombanya itu jatuh pada hari Minggu dan hari Sabtunya itu batas pendaftaran, technical meeting, cek panggung sekaligus ada seminar tentang Tari Saman juga.

Setelah latihan setiap malam di asrama, sampailah pada hari Sabtu. Hari di mana kita bakal latihan sekalian gladi bersih dan cek panggung langsung di Anjungan TMII. Menurut kesepakatan, aku sama Devi duluan berangkat jam 8 pagi sekalian nyetak foto dulu di taman jajan, nanti yang lain langsung menyusul ke TMII sekitar jam 1 siang, soalnya janjian latihan sama Kak Degam sekitar jam segitu. Sesuai dengan yang direncanakan, aku dan Devi  jam 8 sudah berangkat ke taman jajan naik angkot. Nyampe sana, ternyata tempat nyetak fotonya belum buka sodara-sodara… Terus kita nungguin sampai buka, sudah buka, fotonya dicetak, dan ternyata memakan waktu yang cukup lama. Tempat nyetak fotonya sih asik, ber-AC, jadilah aku dan Devi nungguin dengan agak ketiduran gitu. Selesai nyetak foto, aku sama Devi nyebrang beli tiket trans BSD tujuan Pd.Indah-Ratu Plaza. Sambil nunggu si bus berangkat, makan roti bakar sambil nempel-nempelin foto yang barusan dicetak ke formulir. Habis itu masuk ke bus, dan secara kebetulan bertemu dengan Pak Oji yang waktu itu sangat cerah dengan jas berwarna kuning muda dan tentu saja dengan senyumnya yang khas  itu.
“Wah, ada kalian, pada mau kemana?” sapa dan Tanya Pak Oji, sambil nyengir-nyengir dikit.
“ Ke Taman Mini Pak. Mau ada lomba Saman,” jawab aku sambil nyengir-nyengir dikit juga.
“Oooohh..,” lanjut Pak Oji lagi masih sambil nyengir dan kemudian berlalu mencari tempat duduk kosong. Saya dan Devi kemudian bertatapan, dan nyengir.

Bus berjalan sampai akhirnya berhenti di depan Kampus Paramadina dan waktu aku intip lewat jendela si Bapak-berjas-kuning-muda a.k.a Pak Oji turun dan berlalu. Kayaknya sih si Bapak mau kuliah atau ngisi kuliah. Perjalanan dilanjutkan, sampai akhirnya aku sama Devi turun di perempatan Lebak Bulus kemudian melanjutkan perjalanan ke TMII naik taksi.

Sesampainya di TMII kita berjalan-jalan, mencari si Anjungan, dan waktu sampai di sana, acara seminar belum dimulai bahkan panitia yang ngurusin pendaftaran belum pada siap. Akhirnya aku sama Devi memutuskan buat nge-date di pinggir kolam (yang ada miniatur Indonesianya itu) sambil makan ice-cream Walls. Dan meeeen waktu itu lupa banget kalau kita berdua adalah anak yang baik dan taat aturan sehingga ngga ada yang bawa HP. Sempet bingung gimana ntar ngehubungin yang lain, tapi terus mikirnya ‘Ah, palingan ntar ketemu juga di Anjungannya’. Dan kejadian naas berikutnya adalah, pas lagi enak-enak makan ice cream, baca ulang syarat pendaftaran, ada satu syarat yang lupa, yaitu foto bersama satu tim dan memang sesungguhnya waktu itu ngga sempat foto satu tim. Akhirnya didapatkan solusinya, kita nyari tempat nyetak foto, untungnya di flashdisk ada foto pas tampil syiar. Alhamdulillah, yang tampil pas syiar sama yang tampil buat lomba waktu itu personilnya hampir sama, kecuali Ipil dan Krizna. Pas saman Krizna ngga ikut tapi Ipil ikut, dan buat lomba ini Ipil ngga ikut dan Krizna. Secara spontan, aku dan Devi sama-sama bersepakat ‘Yaudah anggep aja si Ipil itu Krizna, palingan ngga diperiksa satu-satu juga sama panitianya’.  Ujian tidak hanya sampai disitu… ternyata nyari tempat nyetak foto di dalam TMII susah banget. Udah muter-muter sana sini sampe laper dan bahkan kita yakin kalau ngelamar jadi tour-guide di TMII aku sama Devi pasti lolos deh sangking udah hafalnya. Dan pas nemu tempat nyetak itu bener-bener mau sujud syukur. Habis nyetak foto, kita sholat, terus makan di CFC. Dan kemudian kita kembali ke Anjungan. Sampai di sana, kita masih nunggu di gerbang depan, nungguin yang lainnya datang. Ternyata si anjungan itu punya dua gerbang, dan ternyata lagi, si anak-anak yang lain itu juga udah nungguin aku sama Devi, tapi di gerbang belakang. Jadilah kita nunggu-nungguan. Sampe akhirnya aku sama Devi ngeliat si anak-anak itu dan kita diomelin karna kita pada ngga bawa HP, jadi ngga bisa dihubungin dan takutnya nyasar atau diculik karna kecil-kecil (uuu so sweeet :3).
Setelah temu kangen yang cukup singkat, kita nyamperin Kak Degam minta giliran latihan, dan waktu itu kita jiper sejiper-jipernya soalnya lengkap tim didikannya Kak Degam yang udah biasa jadi juara pada ada di sana. Mereka cantik-cantik, Samannya juga pada jago-jago parah. Tapi yaudahlah ya, kita bakal tambah memalukan lagi kalo ngga latihan. Habis latihan, ada technical meeting sama pengambilan undian nomor urut tampil. Pas MAN Insan Cendekia Serpong dipanggil kaki sama tangan udah gemeteran, maju, ngambil undian, daaaaan kita tampil ke-2!!! Terlalu awal itu mah. Sebelumnya ngga pernah tampil seawal itu. Sumpah ya ini tangan ngga bawa hoki banget, ngerasa bersalah sih sebenernya. Tapi teman-temanku sungguh baik, dan pada ngomong, “Ngga papa, deg-degannya jadi ngga lama-lama,” atau “Make-upnya belum luntur,” atau “Sempet main-main juga habis itu ”. Aaaaa so sweet banget kan yaa, jadi terharu.
Habis pengambilan nomor undian, kita cek panggung, sekalian gladi resik. Setelah itu kita balik lagi ke IC. Di mobil udah rencana banget besoknya mau naik kereta gantung dan main-main di sekitar situ.  Btw, ada anak sekolah lain yang paling kita ingat, namanya Ebes, soalnya dia mirip sama kakak kelas kita.

Lanjut besoknya, pagi-pagi banget kita udah bangun, mandi, siap-siap pake make-up, dan jam setengah 8an kita udah siap berangkat ke TMII (kita tampil sekitar jam 10an). Sampai di sana, liat pembukaan, ada anaknya Kak Degam (namanya Yura) didandanin terus pakai baju Aceh, lucu banget. Dan tibalah saatnya kita tampil… Daaaann…. Itu adalah penampilan terburuk, paling parah sepanjang perjalanan kita pernah tampil. Kak Degam salah nyanyi, dan itu cukup parah salahnya, dan akhirnya kita semua jadi ngga konsen, sumpah jadi kacau banget. Dan itu juri di depan mata udah keliatan banget ketawa-ketawa sangking kacaunya. Pas turun panggung kita udah sedih banget dan kesel abis-abisan sama Kak Degam. Kita sampe ngambek, ngga pake foto-foto, ngga pake liat-liat penampilan yang lain, ngga pake nunggu pengumuman, langsung ganti baju dan pulang. Padahal kemarin niatnya mau main-main dulu dan lain-lain, tapi moodnya udah rusak., ngga jadi deh. Sedih juga sih, ngga sempet foto bareng buat dokumentasi, tapi ya gimana terlanjur kesel abis-abisan.

Itu penampilan terburuk dan penuh ujian, tapi menurut aku sih paling berkesan. Dan sampai sekarang, si nomor tampil-nya masih disimpan loooh :)

Last but not least, benar memang pepatah yang mengatakan bahwa kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Di malam harinya kita ada lomba perkusi antar angkatan, daaaannn Civeramoz dapet juara 1.  Yeeee….. Bete yang tadi siang jadi hilang, dan kita semua senaaaang. Kebahagiaan malam itu kemudian disempurnakan dengan nonton Choon-Hyang bareng di Living Room :’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar