Minggu, 20 Februari 2011

Bad Girl Gone Good?



Honestly, I was that kind of person who doesn’t give a damn thing about Almighty God. Yet, since I went to this epic school, I thought God has spoken in His way.
Pas nyokap gue memutuskan untuk masukin gue ke IC, it was like a giant slap on my face. Yang ada di kepala gue cuma “Gila lo gue udah 3 taun ga dirumah, baru 2 taun dirumah udah disuruh pergi lagi? Sekolah asrama? Nonsense!”  tapi mau gimana juga, itu kata nyokap. Well, I’ll give it a shot, but don’t expect any good from me.
Pas pendaftaran, gue seneng banget. Kenapa? Karena gue daftar pas lagi jam pelajaran sekolah gue, jadi ada lah alesan gue untuk cabut dari sekolah. Setibanya gue di IC, gue mikir “Ini sekolah apa pesantren?! Terpencil. Masuk-masuk ada masjid gede banget. Orang-orang pada jilbaban semua. WTH?!!” Secara gue dateng kesana pake seragam sekolah –rok pendek, baju ngepas, ga pake jilbab, typical anak-anak sekolah negeri lah- gue ngerasa ga enakan tapi bodo amat sih toh gue ga akan masuk sini juga. Yaudahlah akhirnya gue daftar, hanya untuk memenuhi keinginan mama papa tersayang.
Ga ada persiapan dari gue untuk ikut tes IC. Belajar pun nggak sama sekali. Yah gimana sih, orang gamau masuk sana ya kali belajar. Bahkan gue dibeliin soal-soal contoh tes IC sebelumnya sama nyokap,  dan itu ga pernah gue baca, boro-boro di buka.
Waktu tes, gue ke IC berangkat sendiri. Orang-orang yang gue liat banyak yang ditemenin orang tuanya. Pengen sih di temenin yekan, tapi gue gamau nyokap bokap gue tau kalo gue ga niat juga tes disana. Kedua, gue bertanya-tanya “kenapa banget banyak yang tes disini?”  Yah singkat cerita, pas tes, gue tes di GSG. Hari pertama tes IQ yah, meskipun gue ogah-ogahan tapi gue kerjain aja lah ya sekalian gue pengen tau juga hasilnya gimana. Hari kedua, tes akademik dong, setiap dibagiin soal gue senyum senyum doing liatin kertas soal itu –kecuali tes Al-Qur’an, bikin gue ngakak dan ngerasa di tes keimanan gue- namanya juga ga belajar jadi gue emang ga ngerti apa-apa. Palingan ada beberapa soal, masih bisa dihitung pake jari deh, yang bisa gue kerjain. Sisanya? Bahkan gue langsung tutup soal, taro dibawah kursi, dan mulai membatik di LJK. Otomatis gue selesai duluan dong, ternyata di sebelah gue juga senasib sama gue dan dia juga melakukan hal yang sama kayak gue. Ngobrol lah. Ngeceng dong pasti. Setelah tes pertama itu, gue janjian sama dia sama sekali ga liat soal. Bubaran tes, orang-orang pada sholat, apalah inilah itulah, ada yang nangis, ada yang ketawa bilang soalnya gampang, ga ngerti lagi deh gue. Yang jelas gue tau, I wouldn’t make it.
Pengumuman ga lama setelah tes ya kalo ga salah cuma seling beberapa minggu doang. Gue udah OPTIMIS ga masuk. Tapi pas di cek sama nyokap gue, ternyata I got in. I don’t know what had happened. I didn’t even do the test properly. Damn! Since, I believe God has spoken and I had to believe in God. You may call me a psychedelic or crazy or whatever you want. I believe when nature around us said something, showed something, that means God is trying to tell us something through it.
First year was extremely hard for me. It’s like another side of the world I’ve never been. Gue melakukan apa yang dituntut disana hanya karena formalitas saja. Hanya karena everybody do so, and I had to do so. Sampe suatu titik dimana gue merasa tertekan sekali dan gue mohon-mohon sama nyokap untuk pindah. Tapi kata-kata  yang terucap dari pacar gue waktu itu “kamu udah masuk sana, disana sekolahnya bagus, kamu itu pinter, hanya karena malas dan kamu tidak mau menjadi orang yang lebih baik jadi kamu mau pindah? Udah enak kamu disana, semua ada, tinggal belajar doang. Kasian juga orang tua kamu keluar duit lagi untuk pindah sekolah hanya karena kamu gamau disuruh-suruh sholat.” Wah itu pukulan banget buat gue untuk bertahan. Akhir tahun pertama, gue terancam ga naik kelas atau pilih masuk IPS karena gue unqualified untuk di IPA. Well, nyokap bokap udah nothing to lose juga sih tapi gimana juga gue pengen bikin mereka bangga. Akhirnya gue milih untuk bertahan di IC.
Tahun kedua, I started to get used to it. Bahkan masuk IC aja gue butuh waktu sekitar 1 tahun untuk beradaptasi dan melakukan semuanya sepenuh hati. And I swear, I believe in Great God. He brought me into tears sometimes, I feel guilty for not believing in Him before. Tahun kedua juga yang membuat gue berfikir, boarding school is not so bad either when you accept it with your whole heart.
Obstacles I face, was like a stepping stone for me to be more mature inside and out. Di IC gue dituntut untuk menjadi orang yang bukan gue. Tapi mau gimana juga, I cannot pretend to be someone else other than be just me with their rules. That’s it.
Tahun ketiga, it was brilliant times. Gue ga tau mau symbolize that year dengan apa. No words, no sentence, nothing can describe that year. I just had a real great time J
I got many lessons dari IC. And thankfully, I now do believe in God.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar