Rabu, 09 Februari 2011

Tes Masuk IC

     Hari sabtu kelabu pagi, sampe ic naik mobil bokap honda city warna item lalu parkir di lapangan bola. gue nyampe sekitar setengah sampe satu jam sebelom tes dimulai waktu itu. Sarapan di mobil, roti lipet isi meses coklat sama susu pastinya. dan yang paling gue inget waktu itu ngeliat burdik kalo ga salah ngegerek2 koper dari mobil orang tuanya masuk ke asrama. awalnya gue bingung, ini sapa orang pake sarung jalan2 deket lapangan bola sambil ngeret2 koper gede? aneh2 aja. dan setelah masuk nanti gue baru sadar klo hal itu sekarang udah lumrah. haha

    Sekitar lima belas menit sebelom masuk gue cari2 ruangan ujian gue dan ternyata ruangan gue di perpus. hmm sepertinya ruangan yang cukup kondusif untuk sebuah tes mengingat banyak buku disana. *apa hubungannya* duduk2 dulu dipinggir perpus sambil baca2 doa, tegang, keringetan, dan basah. padahal masih pagi. yak bel masuk berbunyi, saatnya gue masuk ruangan yang tegang serta basah tersebut. pamitan orang tua, cium tangan, mohon doa demi yang terbaik.

    Saat masuk ruangan, DES! ternyata perpus ic besar juga ya. dengan penataan tidak seperti perpus layaknya. ya iyalah lagi buat ujian. seinget gue, nomor peserta gue adalah “xxxx044” lupa gue depannya. cari2 tempat duduk, akhirnya ketemu juga. posisi gue lumayan nyaman. sembari duduk, liat2 lah gue orang2 yg masuk berdatangan, cowok, cewek, ada yang ganteng (gue), ada yang cantik,  ada yang item (ternyata bela), dan lain2. unik2 juga ternyata penampilan para calon temen2 gue nantinya kalo diterima di ic.

    Hari pertama tes adalah psikotes. gue inget yang jaga ruangan perpus waktu itu adalah bu icus dan pak agung. tapi ada beberapa orang lagi namun gue lupa. kesan pertama gue liat pak agung, “kayaknya ni guru bahasa inggris” soalnya dari paras mukanya yang sedikit mirip nicholas cage dan nulis timeline di papan tulis depan pake bahasa inggris. eh ternyata setelah masuk guru fisika.

    Yak tes dimulai, yaa psikotes standar lah, seperti psikotes2 pada umumnya. tes ini, tes itu, dll. tapi ada satu yg paling berkesan. DEPAN GUE CEWEK CAKEP. entah depan gue atau 2 orang depan gue. setidaknya dia menarik perhatian gue waktu itu. kikikikiki. lumayan lah cuci2 mata dikit sembari ujian sambil berdoa supaya gue dan dia keterima di ic.

    Tes berhenti sejenak untuk istirahat solat zuhur, daaaan ternyata oh ternyata tesnya ampe sore. yak i’m dying with this fucking test. waktu istirahat inilah ternyata gue sadar setelah keluar ruangan, BANYAKNYA ANAK ALAZAR. apalagi dengan kerudung poni khasnya itu. temen2 smp gue waktu itu Cuma dikit, ga nyampe 5 kayaknya dan salah satunya aryap. gue solat terus makan. dan wow, makan pun kita dikasih boy! KFC lagi! (apa hokben ya waktu itu? sori kalo ketuker) beeh ic makmur sepertinya. abis makan, standar lah ketemu orang tua lagi, nanya2 bisa ga dan segala rupa. ya gue jawab alhamdulillah insya Allah Allahu akbar aja deh. bel masuk bunyi, saatnya psikotes part 2.

    Oiya, selama tes gue juga merhatiin beberapa orang sekitar gue. depan gue, kalo ga salah cewe cakep itu atau orang lain atau akbari jamalul lail, sebelah kiri gue, yang paling gue inget, jonan. kesan pertama buat ni orang menurut gue adalah, beler, selow, dan santai. dan ternyata benar. haha sori jon. sebelah belakang gue cewe tapi lupa dan sebelah kanan gue nih orang gendut ga nyantai pas tes. antara ga nyantai mukanya ampe ga nyantai kelakuannya. gitu dah. selama hari pertama, gue ga ada interaksi antar beberapa orang sekitar gue ini. hingga tes berakhir

    Hari kedua, dimana semuanya ditentukan oleh hari ini. yakni HARI TES AKADEMIK. 2 Tahun gue persiapkan untuk hari tersebut. seperti biasa setengah jam sebelum masuk gue duduk2 sekitar perpus lagi. hmm gue ga belajar last-minute seperti kebanyakan orang lainnya di sekitar gue waktu itu. tapi ada satu orang yg bkin gue jiper waktu itu adalah, ada satu anak cewe yang ampe kayak kuis tanya jawab ama temennya tentang biologi. dan tu cewe selalu jawab dengan tepat dan benar. alhasil gue diem, tegang, dan basah lagi seperti kemarinnya. “cewe itu membuat gue tegang dan basah”. oke lanjut. masuklah gue ke ruang perpus laknat basah itu. duduk, berdoa lagi supaya gue dan cewe itu keterima, lalu tes dimulai. Seinget gue, tes dimulai dengan matematik. hmmm sebelum soal dibagi gue udah sedikit sombong aje, “oke matematik, gue udah kuasain nih” setelah soal di tangan. MAKJAN. bengong lah gue langsung ternyata ga sesuai yang gue harapkan.

    Dua jam berlalu, perbandingan isi dengan kosong sepertinya 70:30 persen. yak pasrah adalah kunci jawaban satu2nya waktu itu. kemudian tes lanjut (CMIIW) ama fisika klo ga salah. dengan perbandingan ljk yg ga jauh beda, mengandalkan insting ayam, serta bantuan suara alam dari buku2 sekitar perpus, gue jawablah secara gamblang itu ljk. dengan modal terakhir pesan dari bapak adalah, “ya roshid ya roshid mudahkanlah tes ini ya Allah” terus gue sebut2 dalem hati. Bel istirahat siang bunyi. Keluar ruang perpus sempoyongan, lemes, ga bergairah menuju mesjid dalam terik panas matahari. abis solat makan! tentunya enak dan junkfood. (ya antara kfc atau hokben tadi). formalisasi, ortu dateng nanya2, gue jawab, SUSAH MA! PA! UDAH DEH INI ABIS! GAPAPA KAN KALO GA KETERIMA! HOPELESS! HOPELESS! NGOJEK AJA DEH. ortu pun terpengaruh oleh omongan gue dengan masang muka ‘forever alone’ kayak di tumblr.

    Bel masuk berbunyi, saatnya ikutin tes part 2 yakni biologi dan agama klo gasalah. ternyata biologi lebih abstrak lagi. semakin hopless lah awak. perbandingan ljk yg lebih besar, 80:20 persen. 80 persen itu termasuk ngasal dan nembak ala rambo. mengandalkan insting ikan kali ini, serta bantuan suara2 alam dari toilet perpus, sewaktu ngerjain itu. gue inget bagian kosong ljk itu setinggi panjang titit. Akhirnya salah satu temen sekitar gue melakukan interaksi dg gue yang sangat kering dan murah waktu itu. yakni si jonan, orang sebelah kiri gue yang ternyata Cuma mau minjem penghapus gue doang. “minjem dong”, “ini”. sungguh 3 kata yang sangat kering dan murah. Ya sudah, asal berinteraksi.

    Tes agama ga jauh beda. maklum, anak jebolan smp negeri daerah tebet yang selalu becanda kalo solat jumat, nonton “film” di hp rame2, dan hal2 kafir lainnya sukses membuat gue panas dengan soal2 agama tsb. huruf ‘kho’ aja ketuker sama ‘rho’. udah lah hopeless juga namanya.

    Selesai2 lebih sempoyongan, hampa, dan jomblo. ada aja orang yang keluar2 dengan ketawa2 sombongnya “Anjir, gampanglah itu soal2nya”. gue dalem ati, “AWAS LO AMPE GA KETERIMA GUE KETAWAIN ELO AMPE GUE PINGSAN!” ada juga yg keluar kayak gue bernasib sama. hopeless. biarlah yg lewat udahlah lewat. yang penting udah do it my best.

    Sekitar sebulan setelah tes...
    Waktu itu gue lagi sekolah, istirahat pertama alias istirahat pagi waktu itu sekitar jam setengah 10an. gue dapet telpon langsung dari bokap gue. entah paginya padahal gue nyantai banget walaupun gue inget itu hari pengumuman tes ic, emang udah hopeless ga keterima ya udah, just “going where the wind blows” aja kalo kata mr. Big.

    Gue angkat itu telepon dari bokap, “A! (panggilan gue) kamu keterima IC, A!” Seakan dunia runtuh menjadi surga, seakan daun berguguran menjadi permen, seakan2 bidadari turun dari taksi, seakan2 ketiban busway, seakan2 gue ganteng, GUE GA PERCAYA GITU AJA! Reaksi gue ke bokap gue adalah, “ GA MUNGKIN PA! GA MUNGKIN! (gaya2 sinetron ftv gitu) CEK DULU YANG BENER PA NOMER TES AA! xxx044 PA NOMERNYA! CEK LAGI!” dijawab bokap gue dan dia kekeh juga, “Udah A! Udah papa cek! berkali2 dan nama aa juga disitu! kamu keterima! Selamat ya!”

    Dunia telah jadi surga, daun udah jadi permen, bidadari akhirnya bayar taksi, gue ketiban busway, dan gue ganteng. sontak gue tereak “WWOOOHOOOOOO!!! GUE KETERIMA IC WOOY!!” otomatis gue jadi orang paling gila dan ganteng waktu istirahat pagi itu. langsung gue lari2 ke kelas gue yg waktu itu ada beberapa orang yg istirahat di kelas. bergaya kayak orang abis audisi american idol sambil bawa golden ticket gue tereak, “GUE KETERIMA IC WOY!” Sekelas  langsung tepuk tangan semeriah2nya ke gue. Jadilah artis dadakan saat itu, alias satu2nya anak yg udah di kelas yg dapet sekolah sma. semua orang ucapin selamet ke gue. perasaan yg waktu itu gue rasain jelas seneng, bahagia, ga nyangka, terharu, seakan dunia milik sendiri.

Hikmah: kalo makan minum duduk.
Akhdan Arif, X-2 loxover XI-IPA2 mbc, XII-IPA2 marabahaya, petroleum engineering ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar