Sabtu, 12 Februari 2011

Kemal (Ass), Madu, dan Memimis


H-1 tes masuk ic
...sore hari menjelang maghrib
Gw, bokap, dan temen bokap dateng ke ic, ceritanya biar besoknya gak kagok pas nyari ruangan. Sampailah di lapangan paving blok yang dikelilingi gedung-gedung, langsung aja parkir di tengah-tengah. Aku dan ayah masuk ke gedung yang berada tepat di dekat mobil. Singkat cerita kami menemukan ruangan yang dicari, keren juga kata gw dalem hati, “ada tulisan arab di pintunya”. Gw pengen masuk ruangan itu, tapi gak bisa karena masi disegel.Nasib gw memang  Cuma bisa ngintip , lewat kaca segi empat yang ada di pintu. (kalau gak salah ruang X3)
Keluar gedung bokap gw ama temennya nanya
“gimana ke?.....”
Gw : ...eeeemmm....
“ Bagus gak? Suka gak?...........”
“Tambah semangat gak?”
Namanya juga ortu, musti dibahagiain
Gw : “......yyyyaaa” sambil cengar-cengir
Dalam hati gw, biasa aja sebenernya, gak nambah semangat gak juga ilfil, tapi cenderung ke kecewa, karena sekolah ini gak bisa ngasi gw first impressing yang “wah”. Akhirnya kami kembali ke rumah temen bokap gw, tempat aku dan ayah menginap
Hari H, bukan deng, Hari sabtu
Masih dalam formasi yang sama dengan hari sebelumnya, kami brangkat menuju tkp. Sen kanan telah dinyalakan, mobil yang kami tumpangi belok masuk ke sebuah jalan khusus menuju tkp. Dan gw shock sejadi-jadinya.  Baru kali ini gw ngeliat mobil berjejer sepanjang jalan yang isinya anak-anak yang mau tes semua. Perasaan gw langsung gak enak, denyut nadi jadi random, pikiran gak karuan, perut gw senep plus mual-mual, persis kayak orang mau hamil.
Sampai dekat gerbang, gw dan bokap turun, temen bokap gw balik lagi. Gw ngeliat buaanyak orang, entropy tubuh gw makin tinggi, makin gak kuat berdiri gw. Bokap gw nanya
“apa yang kamu rasakan ke?”
“gak tau yah”
“hehe, kok gak tau itu lho...” bokap gw yang banyak orang bilang mirip banget kayak gw nyoba ngehibur gw, mungkin waktu itu muka gw udah pucet pasi. Akhirnya bokap ngajak ke sebuah jembatan di depan madrasah itu. Di bawahnya  ada sungai mengalir, bagaikan sungai nil berisi susu coklat. Di sana kami berdua berdiri.
“coba liat airnya” pinta ayah. Gw pun manut, gw liatin aja tuh air ngalir.
“coba liat terus” gw pun jongkok, perasaan gw belom berubah.
“sekarang gimana persaanmu?”
“tetep yah” kali ini gw gak bisa ngehibur beliau.
Entah apa lagi yang kami obrolkan lagi disana, akhirnya sampai pada limit waktu menuju ujian, kata-kata terakhir telah terucap diantara kami, saya pun pergi menuju ruangan.
Akhirnya gw pergi menuju ruang tes, berbekal  pengalaman hari sebelumnya, rasa pede gw  mulai tumbuh seiring menuju kelas. Sampai kelas, gw langsung nyari bangku gw. Alhamdulillah dapat gw temukan sebelum tersesat. Gw pun duduk, “ahhhhh empuuk”. Peralatan gw siapin sebaik mungkin, gw pun duduk santai.
Sambil santainunggu petugas dan peserta lain masuk, ketiga mata gw bekerja bersamaan. Pertama mata hati, gw pandangi satu-satu  anak-anak yang ada di kelas itu, berusaha menebak sifat dan tingkah lakunya, yaa not bad laah. Kedua, mata prediksi gw, gw nyoba nebak siapa aja yang kira-kira potensial buat lulus, dan kesimpulan sementarasemua anak punya potensi yang sama. Yang ketiga yang paling asyik, mata keranjang gw. Layaknya sensor smiley di kamera, gw liatin tu dari ujung ke ujung, seger-seger siii, lumayan. “ting ting!” sensor gw bunyi, retina menangkap gambar seorang gadis arab (semoga sekarang masi gadis),  sebut saja madu, langsing, tidak cantik tapi menarik, wajahnya yang mungil, tampak berlapis minyak zaitun. “Thanks God!”
Peserta sudah masuk semua, duduk di tempatnya masing-masing.  Semua kursi terisi penuh kecuali satu, gw lupa antara depan atau kiri gw. Pas gw liat di mejanya waktu break,  dia adalah gadis asal Jombang.
Tes pun dimulai, psikotes. Alhamdulillah iq gw masih cukup buat ngerjain. Tenang aja gw ngerjain seluruh soal yang dikasi dengan printah yang ada. Gw masi bisa senyum-senyum. Sambil sesekali lirik sebelah kanan gw, seorang wanita berkacamata dengan senyum lebar yang terlihat kalem, madu masih duduk tak jauh di serong sana.
Tes di hari pertama berjalan biasa-biasa saja, psikotes doang kan ya? cerita hari pertama pun selesai.
Hari minggu
Hari ini gw lebih tenang. Seperti biasa gw masuk kelas, dan bersiap. Pensil, penghapus,mungkin pulpen udah gw keluarin, koreksen pen juga udah barangkali, yang gak kalah penting adalah rautan gede warna ijo gw, hadiah sunat dari tetangga di ujung komplek, anaknya cewek gendut suka adu bacot ama gw. semua udah siap tinggal nunggu pengawas dan madu datang. Sambil nunggu, gw sedikit berkhayal, “kalau gw keterima, pasti kayak gini nih suasana kelasnya”. Gw mulai nyoba ngerasain, gimana rasanya belajar disana. Yaa.. gak seru-seru amat. Terus gw ngeliat lewat jendela -yang sekarang gw tahu itu adalah lapangan sepak bola-, kesan: biasa.
Hari kedua, gw mulai tau karakter orang-orang disekitar gw. Yang paling gw kesel orang belakang gw. Orangnya lebay, baik lisan dan perbuatan. Contohnya pas jawab salam dari pengawas, dia slalu jawab paling keras dengan intonasi yang ngebuat tangan ngegenggem pengen nonjok.
Akhirnya tes segera dimulai, gw lupa urutan tes dan urutan kejadian yang gw alami , yang jelas selama tes, ada aja yang ngebuat  gw panik.
Pertama,
Tiba-tiba cewek serong kanan belakang gw manggil gw. Manis juga.
“pinjem rautan dong”, karena gw adalah semut, maka gw kasih.
“nih”. Beberapa saat kemudian,cewek itu manggil gw lagi.
“rautannya dipinjem lagi tuh” sambil nunjuk MADU. Oh No! What a good scene, God! Seketika gw memandang madu, madu pun memandang gw sambil ngangkat rautan ijo gw (nyetrum euii).  Sebuah kesepakatan terjadi walau hanya dengan isyarat. Seketika gw langsung galau, untungnya Cuma sesaat. Hati gw mulai senyum-senyum geje, senang telah mengembang. Rasanya pengen joged-joged, dan yang penting sidik jari madu udah nempel di rautan gw. Sampah banget lah pokoknya.
Itu baru pemanasan, lanjut kejadian kedua.
......
Soal fisika telah kulewati, walau banyak yang sekedar lewat. Masuk ke soal  biologi. Gw istirahat sejenak dulu. Gw  capek habis dicundangi pak Newton, Pascal, dkk. Dan gw juga ngerti, pak Mendel  udah senyum lebar gak sabar pengen nyilangin gw ama tanaman kacang.
Gak butuh waktu lama untuk istirahat, gw langsung ngerjain soal biologi. Soal pertama udah lewat, lanjut soal kedua. Dan tiba-tiba
“teshhh...”
Setitik darah netes, Alhamdulillah gak jatoh di ljk gw. Secara reflek gw ngambil sapu tangan, langsung gw tutupin ke hidung mancung gw. Kali ini gw hoki.Kali ini hidung gw yang netesin darah. Udah aja gw bekep hidung ini make saputangan terus. Alhamdulillah ngucurnya gak terlalu deres, hingga saputangan gw bisa dipercaya anti bocor.
Perasaan gw campur aduk, kaget pastinya di awal. Gw bangga, karena terlihat seperti pahlawan, ‘berjuang sampai berdarah-darah!’. Gw juga mikir “kira-kira ada gak ya tim medik yang ngejemput gw, buat ngobatin”. Dan ternyata gak ada. Hati gw juga ngetawain gw, “ada-ada aja lo Ke” mungkin kira-kira begitu.*
Dan yang ketiga adalah, di akhir-akhir ngerjain soal IPA (fisika-biologi), gw merasa hoples. Dari kira-kira 60, gw Cuma ngerjain 23 soal. 37 soal lainnya gw asal, bener-benar ngasal. Disitugw mulai lemas. Gw ngerasa gak enak ama bokap. Bokap gw yang udah setia nemenin gw dari hari jum’at. Bokap yang udah beliin gw bundel soal warna ijo, yang salah satu isinya log-log an yang gw waktu itu blom ngerti. Bokap yang udah rela tidur bareng gw. Belom lagi biaya selama tes, dari tiket pesawat balikpapan-cengkareng-balikpapan yang gak murah, sampe biaya makan kami berdua. Semua hanya untuk gw men! (tapi waktu itu gw gak mikir kalau gw lulus biayanya makin gede lagi). Detik itu hati gw mulai sibuk ngoceh tapi dalem hati , “maafin aku yah, maafin aku yah”.
Keadaan semakin buruk pas gw noleh ke serong kiri belakang gw. Seorang anak laki-laki sedang tertidur, pulas sepertinya. Hal itu telah ia lakukan berkali-kali. Gw tambah panik. Dalam hati gw ” pinter banget nih orang”, tapi gw juga sedikit mikir mungkin dia sudah nyerah, tapi lagi, gw yakin dia akan lulus. Ternyata benar, dia adalah Emil (IF ITB, 2009), -selamat ya-.  Hal serupa juga dilakukan oleh orang belakang gw, orang lebay itu. Tapi, khusus untuk orang ini gw udah mikir bahwa dia gak akan lulus, dan alhamdulillah benar juga tebakan gw.
Tes terakhir pun gw selesein dengan pede. Tentang Al Qur`an. Gw Cuma ngandelin ingatan waktu SD, secara di SMP nya Andam (FT ITB,2009) dikit banget diajarinnya. Pas bokap nanya,juga gw jawab sama, “bisa yah, tapi ngandelin ilmu ku waktu sd”.
Tes masuk IC pun berakhir. Sore itu terlihat sangat  indah. Aku dan ayah pun pulang meninggalkan madrasah tersebut, berharap bisa dateng lagi pas ngukur baju.
*bonus track
Kejadian gw mimisan waktu ujian, terjadi lagi pas gw ngerjain UAS waktu smp, persis pleg. Waktu itu abis ngerjain soal fisika mau masuk soal biologi juga, pas itu yang ada dipikiran gw adalah,
“waktu di tes ic, waktu ngerjain soal biologi gw mimisan, sekarang mimisan lagi gak yaaaa?”
Dan begitu gw ngerjain soal biologi,
“teshh....”
Gw mimisan lagi. Kali ini yang panik bukan gw, tapi temen-temen gw di kelas. J
Sekian, kemal.

2 komentar: